Wisata Ngehits dan Instagramable Saat Liburan di Pasuruan

by novput

Di Provinsi Jawa Timur ada salah satu daerah yang terkenal dengan wisata Religinya yaitu Pasuruan. Letaknya berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan antara Provinsi Jawa Timur dan Pulau Bali. Berbicara tentang mengenai destinasi wisata yang ada di Kota Pasuruan ini, ternyata tidak kalah indah dan menarik dengan wisata yang ada di Kota lain yang ada di Indonesia.

Sebelum kalian berlibur dan berkunjung ke tempat wisata yang ada di Pasuruan, kalian bisa melihat destinasi wisata manakah yang patut untuk kalian kunjungi, berikut ada beberapa rekomendasi destinasi wisata yang ngehits dan instagramable di Pasuruan.

Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo merupakan salah satu destinasi wisata wajib kalian kunjungi ketika kalian sedang berlibur di Pasuruan. Masjid ini juga telah menjadi ikon wisata di Pasuruan sebagai tujuan wisata Religi, pasalnya Masjid Cheng Hoo ini memiliki desain bangunan yang unik berarsitektur Tiongkok dan dikombinasikan dengan budaya setempat yaitu memasukkan unsur Jawa dan Timur Tengah pada arsitekturnya yang membuatnya menjadi khas.

image credit @melandarosa

Masjid ini didirikan oleh seorang tokoh Tionghoa yang beragam islam pada abad ke 14 yaitu Muhammad Cheng Hoo, setelah itu Cheng Hoo wafat, maka nama tersebut tetap diabadikan menjadi nama Masjid setempat hingga saat ini.

Masjid Cheng Hoo ini berada di Lokasi Jl Raya Kasri No 18, Petung Sari, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Pemandian Alam Banyu Biru

image credit @altina.af

Pemandian Alam Banyu Biru merupakan salah satu wisata di Pasuruan yang cukup populer. Tempat wisata pemandian ini merupakan pula pemandian yang bersumber mata air alami yang juga bisa digunakan sebagai tempat melepas Lelah sambil berenang. Tak hanya itu, dukungan kondisi sekitar juga masih sangat asri.

Pemandian Alam Banyu Biru ini sudah dipercaya sejak zaman Kerajaan Majapahit, maka tak heran jika banyak penduduk setempat yang mempercayai di Kolam Banyu Biru ini bisa membuat awet muda sampai menyembuhkan penyakit.

Ada yang menarik dan unik di Pemandian Alam Banyu Biru ini, yakni adanya ikan raksasa yang dikeramatkan dan tidak boleh ada seorangpun yang menyentuh ikan tersebut yang dinamakan ikan sengkaring yang panjangnya mencapai satu meter. Dan jangan pernah sesekali berfikir untuk membawa pulang salah satu ikan tersebut, konon katanya jika ada yang melakukannya, orang tersebut akan mendapatkan musibah.

Lokasi wisata pemandian ini berada di Jalan Raya Banyu Biru, Sumber Rejo, Banyu Biru Kidul, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan.

Dan untuk kalian yang ingin menikmati panorama di pemandian banyu biru ini, kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000,-/org.

Wisata Bhakti Alam

image credit @anjasmara_dk

Wisata Bhakti Alam merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang seru dan asyik di Pasuruan, tempat wisata ini juga merupakan tempat wisata yang menawarkan nilai edukasinya. Objek wisata ini memiliki ketinggian sekitar 500 mdpl dan jaraknya ± sekitar 30 km dari pusat Kota Pasuruan. Di kawasan tempat wisata ini ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa dibudidayakan.

image credit @difatikah

Wisata Bhakti Alam ini memang cukup ngehits dan instagramable dikalangan kawula muda, dan di tempat wisata ini menyediakan banyak spot foto menarik dan instagramable. Tempat wisata ini memiliki luas tanah seluas sekitar 300 hektare, tempat wisata ini juga menawarkan fasilitas utama seperti kebun buah tropis, area peternakan sapi perah, dan camping ground. Di tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas umum, seperti green house, mushola, pendopo, kamar ganti serta toilet.

Bhakti Alam Pasuruan adalah salah satu agrowisata yang didalamnya terdapat banyak wahana permainan, diantaranya Paintball, De Jaran, Mini Buggy&Buggy Car, Flying Fox, Trick Art Gallery, Taman Truwelu, dan masih banyak lainnya.

Untuk kalian yang ingin berkunjung wisata di tempat wisata Bhakti Alam ini, berkisar :

  • Harga Tiket Masuk : Rp 50.000,-/org(weekday) dan Rp 55.000,-/org(weekend)
  • Parkir Motor : Rp 3.000,-/motor
  • Parkir Mobil : Rp 5.000,-/mobil

Air Terjun Putuk Truno

image credit @izazulmiaiii

Kawasan Tretes yang berada di Kota Pasuruan sudah dikenal sebagai salah satu destinasi tempat wisata yang populer. Salah satunya yaitu Air Terjun Putuk Truno. Air terjun ini berada di Kawasan kaki Gunung Arjuno Welirang, disini juga memiliki pemandangan alam yang indah, serta udara yang sejuk.

image credit @silviakotna

Air Terjun Putuk Truno ini mempunyai ketinggian mencapai 45 meter, derasnya aliran air ini diselimuti hutan yang masih alami dan udara yang sejuk dataran tinggi, dan tempat wisata ini menjadi alternatif wisata karena tidak terlalu jauh dari keramaian Kota, selain itu juga mudah untuk dijangkau.

image credit @namhaerul

Kawasan di Air Terjun Puluk Truno ini menawarkan panorama keindahan alam yang masih alami asri dan menakjubkan. Selain itu pula Air Terjun Putuk Truno ini juga dapat dipercaya bahwa akan dapat mendatangkan cinta yang abadi bagi dua sejoli.

Lokasi air terjun ini terletak di Jalan Putuk Truno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Untuk kalian yang ingin menikmati panorama keindahan alam dan sejuknya udara di Air Terjun Putuk Truno ini, kalian akan dikenakan harga tiket masuk yang sangat terjangkau dan relatif murah yakni berkisar :

  • Hari Biasa : Rp 15.000,-/org
  • Hari Libur/Weekend : Rp 18.000,-/org

Untuk jam buka operasional Objek wisata ini terbuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07:30 – 16:00 WIB.

The Pinse Taman Dayu

image credit @miaaa_wt

Camping bersama keluarga maupun sahabat akan terasa seru dengan mengunjungi the pines taman dayu. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. The Pinse Taman Dayu merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Pasuruan, Jawa timur. Di tempat wisata ini kallian dapat memilih tempat camping di rumah kayu, rumah pohon, maupun tenda yang ada di hutan pinus.

The Pinse Taman Dayu menjadi tren destinasi tempat wisata yang sedang populer di Pasuruan, dan tak sedikit tempat wisata disana yang menawarkan panorama keindahan alam yang hijau masih asri alami dari ketinggian yang berkonsep rumah pohon yang memiliki desain berarsitektur unik dan juga menjadi daya tarik para pengunjung yang berkunjung. Tak hanya itu saja di rumah pohon ini juga terdapat bukit yang juga menjadi spot unik dan instagramable dan menawarkan panorama keindahan pemandangan alam dari ketinggian.

image credit@yunitaindahsarii

The Pinse Taman Dayu juga sudah terdapat fasilitas seperti tempat ibadah, kamar mandi, flying fox, area outbond, paintball, serta berbagai fun games lainnya. Jika kalian sedang berlibur ke Pasuruan, jangan lupa berkunjung ke tempat wisata ini, karena dengan berwisata dan camping disini akan membuat kalian dan keluarga lebih fresh dan happy.

Untuk menikmati dan bersantai di rumah kayu ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 350.000,-(untuk rumah berkapasitas 8 orang) dan Rp 300.000,-(untuk kapasitas 6 orang), biaya parkir Rp 2.000,-/kendaraan. Dan untuk rumah pohon tersebut sudah di fasilitasi Kasur dan selimut, selain itu pula kalian bisa menikmati wahana menarik lainnya yang ada di The Pinse Taman Dayu ini.

Taman Safari Prigen

image credit @ameliarizah

Taman Safari Prigen merupakan taman safari terbesar ketiga yang ada di Indonesia. Taman ini memiliki luas 350 hektar, dengan membuat konsep kebun binatang ala Afrika, dengan itu para pengunjung bisa dapat melihat satwa-satwa bebas berkeliaran di alam terbuka.

Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Arjuna, di Taman Safari Prigen menawarkan sensasi yang berbeda dibandingkan tempat wisata lainnya. Di Taman Safari Prigen ini para wisatawan akan diajak masuk ke dunia satwa yang liar. Disini para pengunjung juga dapat menikmati petualangan unik dan mendebarkan bersama ribuan satwa yang ada di Taman Safari Prigen, yang Terbesar dan terbaik di Asia ini.

image credit @melindacarolinee

Di Taman Safari Prigen ini terdapat sekitar 2000 spesies langka yang dapat kalain saksikan secara langsung. Disini ada banyak aktivitas dan wahana-wahana yang bisa kalian coba serta dimainkan. Selain melihat dan berfoto bersama satwa-satwa yang ada, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai atraksi satwa.

image credit @felicyaangela

Kalian yang ingin berkunjung ke Taman Safari Prigen ini diharuskan membeli tiket masuk, dan ada beberapa jenis tiket yang bisa kalian beli saat berkunjung ke kebun binatang ini. untuk jenis tiketnya akan di bedakan berdasarkan aktivitas & atraksi yang bisa dilakukan. Berikut daftar harga tiket masuk Taman Safari Prigen.

  • Tiket Masuk Safari Prigen : Rp 100.000,-/org(weekday) dan Rp 110.000,-/org(weekend)
  • Tiket Dolphin And Friend : Rp 10.000,-/org
  • Tiket Temple Of Terror : Rp 10.000,-/org
  • Tiket Parkir Motor : Rp 5.000,-/kendaraan motor
  • Tiket Parkir Mobil : Rp 10.000,-/kendaraan mobil
  • Tiket Parkir Bus : Rp 20.000,-/kendaraan bus

Untuk jam buka operasional Taman Safari Prigen, akan di buka setiap harinya mulai pukul 09:00 – 16:00 WIB.

You may also like

Leave a Comment