Wisata Pemandian Air Panas Di Tengah Alam, Bikin Badan Rileks!

by novput

Tidak dipungkiri Indonesia merupakan surganya wisata pemandian air panas. Sumber munculnya air panas berasal dari pegunungan vulkanis yang menyebar ke seluruh Nusantara yang kemudian dikembangkan oleh pemerintah setempat menjadi objek wisata berupa kolam air panas.

Pemandian air panas bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dan segar. Serta kandungan mineral yang terdapat di kolam air panas juga sangat menyehatkan. Berikut beberapa ulasan pemandian air panas yang tidak boleh dilewatkan.

Cipanas Nagrak Parongpong – Garut

Kolam pemandain air panas Cipanas Nagrek berada ditengah kawasan perkebunan milik penduduk setempat. Akan tetapi lokasinya tidak jauh dari jalan raya dan bisa diakses dari pemukiman warga. Pemandian air panas ini memliki pemandangan perbukitan dan perkebunan yang asri dan ditambah dengan akses jalan setapak dengan barisan tanaman hias yang menambah ke asrian kolam air panas.

Air di pemandian air panas ini memiliki warna biru kehijauan pada waktu sepi pengunjung,hal ini disebabkan oleh adanya kandungan belerang pada dinding batu yang berwarna kuning akibat residu belerang yang terbawa oleh air.

Fasilitas di Curug Nagrek ini juga cukup lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut antara lain terdapat toilet,mushola,warung makan,kamar bilas dan terdapat banyak saung untuk tempat beristirahat.

Harga Tiket Masuk : Rp 15.000,- sampai Rp 20.000,-/org
Jam Buka : Setiap hari 07.00-17.00
Lokasi : Jl.Nagrak Kulon Sukajaya Lembang,Cihideung,Parongpong,Bandung Barat

 Aek Rangat Rianiate – Pangururan

image credit @christianbetzmann

Aer Rangat Rianate merupakan salah satu destinasi wisata favorit jika berkunjung ke Pulau Samosir. Lokasi pemandian air panas ini berlokasi tepat pada lereng Gunung Pusuk Buhit yang dikenal masih aktif sampai sekarang. Air panas tersebut berasal dari sumber mata air yang keluar dari bebatuan berwarna putih atau batu kapur. Air panas tersebutlah yang dialirkan ke kolam-kolam yang dikelola oleh warga setempat dan didukung oleh pemerintah setempat.

image credit @indoflashlight

Ada beberpa kolam pemandian air panas yang telah tersedia disini. Jika ingin merasakan sensasi air yang tingkat kepanasannya lebih tinggi pengunjung bisa naik keatas mendekati sumber air panas. Bagi pengunjung yang membawa anak disarankan untuk memilih kolam yang dangkal.

Harga Tiket Masuk : Gratis (Jika ingin menyewa kolam pemandian bersama keluarga dikenakan tarif sekitar Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,-/org
Jam Buka : 24jam
Lokasi : Aer Rangat,Pangururan,Kabupaten Samosir,Sumatera Utara

Banyuwedang – Bali

Banyuwedang merupakan Kawasan pantai yang memiliki sumber mata air panas yang muncul berada di bawah air pada waktu sedang pasang. Sumber air panas yang muncul jumlahnya cukup besar sehingga dibuat sebuah bangunan beton pengaman tanggul yang berbentuk lingkaran fungsinya agar pada saat air laut pasang sumber air panas tidak tercampur dengan air laut.

image credit @alice.wanderer

Pemandian air panas Banyuwedang ini mengandung belerang yang suhu panasnya rata-rata sekitar 40. Karena kandungannya yang cukup tinggi,maka air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000,- sampai Rp 25.000,-/org
Jam Buka : 07.00-22.00
Lokasi : Pejarakan,Gerokgak,Kabupaten Buleleng,Bali

Candi Umbul – Magelang

10 Pemandian Air Panas di Indonesia Untuk Menyegarkan Tubuhmu

Pemandian air panas Candi Umbul dipercaya sebagai situs bersejarah yang berusia ratusan tahun,konon pemandian air panas ini dulunya adalah tempat pemandian putri raja dan berasal dari zaman kerajaan Mataram Kuno abad ke-8 Masehi.

image credit @ahmadfirmansyah67

Sebelum ditemukan Candi Umbul terpendam berada di bawah tanah lahan persawahan milik warga setempat, sampai kemudian ada seorang warga yang kebetulan sedang membuat kolam dan menggali kedalam tanah dan menemukan batuan yang mirip dengan struktur candi dan terlihatlah sebuah kolam bekas pemandian kuno yang ditengah-tengahnya muncul mata air panas yang disebut umbul dan disekitar kolam juga ditemukan dua buah candi kecil yang mirip seperti gerbang saat masuk.

Harga Tiket Masuk : Rp 4.500,- sampai Rp 7.000,-/org
Jam Buka : 06.00-18.00
Lokasi : Jl.Candi Umbul,Grabag,Perkebunan Kartoharjo,Magelang,Jawa Tengah

Maribaya Hotspring Water – Lembang

image credit @hadiwibowooo

Pemandian air panas Maribaya memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan memiliki berbagai macam aktivitas di are pemandian ini,namun favorit para wisatawan adalah pemandian air panasnya.

image credit @helenyapp

Pemandian air panas ini menjadi favorit karena pemandangan di sekitar air panas terdapat pepohonan hijau hutan dan sejuknya hawa dari pegunungan yang menambah kenikmatan berendam di kolam.

image credit @nivaalee

Harga Tiket Masuk : Rp 30.000,- sampai Rp 150.000,-/org
Jam Buka : 08.00-18.00
Lokasi : Jl.Maribaya No.105/212,Langensari,Lembang,Bandung Barat

You may also like

Leave a Comment