Hasil gambar untuk wisata Setu Babakan

Wisata Waduk di Jakarta

by novput

Jakarta memang sebuah kota Metropolitan dengan jumlah penduduk yang padat. Tetapi, di balik keramaian kehidupan di perkotaan, Jakarta masih memiliki beberapa titik yang menarik untuk dieksplorasi. Mungkin selama ini jika kalian liburan di Jakarta, kalian hanya tau wisata-wisata seperti Taman Safari, Dufan, Ragunan, dan Kepulauan Seribu. Tetapi ternyata masih ada sisi lain dari Jakarta yang bisa kalian explore lebih dalam.

Jika kalian suka dengan wisata alam, mungkin kalian akan sulit untuk menemukan tempat wisata alam di sekitaran Kota Jakarta. Tetapi adanya wisata danau buatan di Jakarta yang kalian bisa jadikan sebagai alternatif yang menarik untuk sarana refreshing di akhir pekan.

Tak banyak orang yang tau bahwa di Ibu Kota ini memiliki banyak destinasi wisata danau buatan yang indah dan menarik. Yang pastinya untuk kalian yang belum pernah merasakan gimana sensasi berwisata di tepi danau buatan dengan suasananya yang adem, walaupun di Jakarta terkenal dengan panas terik dan polusi dimana-mana.

Menjauh dari hiruk pikuk kendaraan dan keramaian kota, sepertinya akan membuat kalian sedikit lebih relax. Berikut beberapa rekomendasi danau buatan di Jakarta yang bisa kalian kunjungi pada saat akhir pekan.

Waduk Pluit

Waduk Pluit yang dulunya sebuah Kawasan yang padat dari rumah-rumah liar. Taman yang di sulap menjadi salah satu destinasi wisata di DKI Jakarta tersebut, eksistensinya mulai digandrungi masyarakat sekitar yang tinggal di penjuru IbuKota. Salah satu diantara taman wisata yang cukup besar dikalangan Jakarta Utara, yaitu Waduk Pluit.

Akan tetapi, setelah dilakukan perbaikan waduk ini menjadi lebih cantik dan indah. Tepatnya pada tahun 2013 lalu, waduk ini sudah bisa menjadi waduk resapan air dan pengendali banjir. Selain itu pula, di Waduk Pluit ini juga sudah dibangun taman serta fasilitas-fasilitas lainnya yang bisa kalian manfaatkan sebagai sarana rekreasi dan olahraga.

Hasil gambar untuk wisata Waduk Pluit

Selain kalian hanya sekedar duduk-duduk di sekitaran waduk, kalian juga bisa bersepeda ataupun melakukan jogging. Pengunjung pun tak perlu merasa khawatir kelaparan, karena di dalam Kawasan Waduk Pluit ini, terdapat pula pedagang-pedagang makanan yang menjajakan dagangannya.

Waduk Pluit saat ini sudah berhasil menjadi Kawasan yang sekiranya lebih nyaman dan menjadi layak untuk kalian kunjungi, jika kalian pada saat akhir pekan tidak memiliki rencana untuk berwisata, Waduk Pluit ini bisa dijadikan sebagai alternatif wisata pada saat akhir pekan bersama keluarga maupun sahabat kalian.

Danau Sunter

Salah satu Objek wisata yang berada di Kel Sunter Jaya, Kec Tanjung Priok, Jakarta Utara. Objek wisata Danau Sunter ini merupakan tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada akhir pekan. Danau ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan wisata lainnya. Objek wisata ini memiliki pesona keindahan yang menarik untuk kalian kunjungi.

Hasil gambar untuk wisata Danau Sunter

Wisata Danau Sunter merupakan tempat wisata yang bisa kalian kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk sekitar Jakarta Utara juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal dari luar daerah. Objek Wisata ini dipenuhi berbagai aktivitas, baik masyarakat setempat maupun pendatan. Danau buatan ini dibangun sejak tahun 70-an dan menjadi daya tarik warga untuk mengunjungi wisata danau buatan tersebut. Ada dua danau buatan yang saling berdekatan, yaitu Danau Sunter 1 yang ukurannya lebih kecil dan Danau Sunter 2 yang berukuran besar.

Objek Wisata Danau Sunter juga sudah terdapat pelayanan dan fasilitas umum, seperti Area Parkir, Area Jogging, Kamar Mandi, Tempat Olahraga, Taman yang luas, dll.

Jika kalian ingin datang berkunjung ke Wisata Danau Sunter ini, ada baiknya untuk pantau cuaca terlebih dahulu supaya tidak menghalangi liburan kalian. Dan wisata danau ini bisa kalian jadikan referensi untuk wisata alternatif kalian ketika sedang berlibur di Jakarta.

Setu Babakan

Setu Babakan merupakan objek wisata dengan suasana khas budaya Betawi asli. Perkampungan ini dianggap masih mempertahankan dan melestarikan budaya khas Betawi. Seperti dialek Bahasa, seni tari, seni musik, seni drama, dan juga bangunan rumah khas budaya Betawi. Tempat wisata ini telah ditetapkan oleh pemerintah DKI Jakarta sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi, objek wisata Setu Babakan ini memliki luas area seluas 32 hektar lahan dan perairan. Setu Babakan juga merupakan sebagai Kawasan cagar Budaya Betawi yang di resmikan pada tahun 2004.

Hasil gambar untuk wisata Setu Babakan

Perkampungan budaya Betawi ini juga menawarkan jenis wisata danau, dan terdapat dua danau ada disini, yaitu Babakan dan Mangga Bolong. Danau buatan tersebut juga dimanfaatkan wisatawan untuk menikmati suasana sejuk dipinggir danau dan juga untuk tempat memancing.

Wisata air ini yang juga menjadi daya tarik lainnya di Setu Babakan. di danau ini parawisatawan dapat menyewa perahu untuk menyusuri dan mengelilingi danau serta beberapa wahana permainan, dan pihak pengelola juga sudah menyediakan sepeda air yang dapat di sewa oleh wisatawan yang berkunjung.

Ada juga Perahu Naga, Perahu yang berhiaskan ukiran naga dan memiliki kapasitas sekitar 20 orang penumpang. Dan wisatawan bisa berkeliling Danau menaiki Perahu Naga tersebut. Untuk mengelilingi Danau, wisatawan akan di minta untuk mengenakan pelampung untuk bagian prosedur keselamatan.

Waduk Ria Rio

Wisata Waduk Ria Rio merupakan salah satu Objek wisata yang berada di Jalan Pulo Mas Utara, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Wisata Taman Waduk Ria Rio ini adalah tempat yang ramai dengan parawisatawan pada hari libur di akhir pekan.

Hasil gambar untuk wisata Waduk Ria Rio

Waduk Ria Rio ini sangat indah dan memberikan sensasi berbeda dengan aktivitas sehari-hari. Wisata Taman Waduk Ria Rio ini juga memiliki pesona keindahan yang menarik untuk kalian kunjungi, untuk mengisi kegiatan liburan kalian atau pun bisa menjadi alternatif wisata kalian pada saat hari libur.

Objek wisata ini telah ditanami batang-batang pohon yang nantinya akan menjadi hutan kota yang dalam kurun waktu 5 – 10 tahun yang akan datang. Bangau putih yang juga menjadi pemandangan yang bisa di nikmati di Objek wisata ini.

Wisata Taman Waduk Ria Rio ini juga sudah terdapat fasilitas antara lain, seperti Musholla, Area Parkir, Jogging Track, Kamar Mandi, Tempat Istirahat, dan masih banyak fasilitas lainnya.

You may also like

Leave a Comment