Wonderful Citamiang, Wisata Alam Mempesona di Bogor

by novput

Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat memang sudah terkenal memiliki banyaknya berbagai Objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Maka tak heran warga Jakarta senang sekali memilih untuk berkunjung ke Kawasan puncak pada saat memasuki musim liburan. Selain banyaknya tempat menginap seperti hotel, resort, dan villa. Namun banyak pula yang ingin merasakan nikmatnya menginap di alam yang terbuka dengan camping di sebuah bumi perkemahan atau camping ground. Salah satu tempat kemah yang saat ini sedang populer di Kawasan Puncak yaitu wisata ala Citamiang.

Citamiang Bogor merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk bercengkerama dengan alam yaitu dengan melakukan camping. Selain dapat membuat fikiran Kembali fresh. Camping juga di yakini mampu menguatkan bonding jika dilakukannya secara bersama teman ataupun keluarga.

Akses Citamiang Bogor Sangat Mudah

Objek wisata alam ini lokasinya terletak di Jalan Raya Ciawi – Cianjur, maka kalian tidak perlu bingung untuk sampai ke lokasi Objek wisata Camping Ground Citamiang ini. Dari arah Ciawi, pintu gerbang masuk Camping Ground berada persis di sisi kiri jalan raya. Hanya terpaut jarak sekitar 1 Km sebelum Agrowisata Gunung Mas.

Kalian juga dapat membawa kendaraan sendiri untuk memudahkan kalian mencapai lokasi. Namun apabila kalian memakai kendaraan umum, mudah saja, kalian dapat turun di gapura Kebun Teh Ciliwung. Dari Kebun Teh Ciliwung nantinya kalian bisa naik ojek atau bisa juga berjalan kaki ke area camping yang jaraknya kurang lebih 700 meter dari gerbang masuk.

Tiket Masuk dan Sewa Lahan Citamiang Bogor

Sejak banjir bandang pada bulan Febuari 2018 silam, pengelolaan Objek wisata Citamiang telah menjadi tanggung jawab Perhutani KPH Bogor. Hal ini membuat tarif tiket masuk area camping menjadi sedikit lebih mahal. Karena masing-masing orang sebelum masuk ke Kawasan Objek wisata Citamiang Bogor ini, diwajibkan membayar Rp 40.000,- untuk biaya tiket masuk dan Rp 50.000,- untuk biaya sewa lahan per tenda. Namun kalian jangan khawatir, tarif tersebut sepadan dengan fasilitas yang bisa kalian nikmati.

Hutan Pinus yang Sejuk

Dengan lokasi yang berada di ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut, maka membuat udara Citamiang begitu sejuk dan segar. Apalagi area Camping Ground dikelilingi ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi. Kesejukannya semakin bertambah untuk dirasakan, terutama pada saat pagi hari.

Sungai Citamiang yang Menyegarkan

Ada satu spot yang paling menarik di camping ground Citamiang yaitu sungainya. Pengunjung tidak perlu bersusah payah trekking untuk bisa sampai disini, karena lokasinya persis bersebelahan dengan bumi perkemahan. Aliran air sungai Citamiang yang tidak begitu deras, sangat aman untuk kalian bermain air. Namun, kalian juga harus berhati-hati pada saat musim hujan datang. Aliran air sungai bisa saja meluap jika curah hujan sedang tinggi.

Fasilitas Nuansa Alam di Citamiang Bogor

Wisatawan yang berkunjung ke Citamian Bogor ini tidak perlu khawatir soal sanitasi, karena di tempat wisata ini sudah tersedia cukup banyak toilet yang layak pakai. Pihak pengelola juga sudah menyediakan Mushola. Pada saat malam hari, lampu sorot dari arah gerbang masuk akan dinyalakan sehingga suasana di area camping ini tidak terlalu gelap.

Dome dan Vila di Citamiang Bogor

Jika wisatawan yang berkunjung ingin merasakan suasana camping namun tidak ingin repot membawa tenda dan perlengkapan lainnya, pengunjung dapat sewa dome ataupun villa pondokan di Citamiang. Untuk biaya sewanya memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kalian membawa tenda dan peralatan sendiri. Namun, jika kalian ingin praktis, kalian dapat menyewa dome ataupun villa bisa menjadi alternatif yang bijak.

Tips Berkemah di Wonderful Citamiang Bogor

Pertama-tama kalian harus memperhatikan jadwal buka – tutup jalur menuju dari Puncak Bogor, karena Citamiang berada disekitar Jalan Raya Ciawi – Cianjur. Berikutnya, kalian membawa logistic yang cukup. Terutama air minum, agar kalian tidak perlu repot untuk mencari makanan ataupun minuman di luar camping ground. Pada saat pagi hari, sempatkan kalian untuk trekking mengelilingi kebun teh Ciliwung dan kalian dapat rasakan segarnya udara sekitar. Selain itu juga jangan lupa untuk menjaga kebersihan.

Dengan sajian alam yang lengkap, mulai dari kebun teh, sungai, dan hutan pinus, Nuansa Alam Citamiang ini wajib dipilih sebagai lokasi camping.

You may also like

Leave a Comment